Menu

Review BPL: Arsenal FC 3-4 Liverpool FC

Bigmatch di pekan perdana Premier League 2016/17 langsung menghadirkan drama menegangkan. Arsenal harus mengakui keunggulan Liverpool dengan skor 3-4 dalam partai yang dihelat di Emirates Stadium, Minggu (14/8).

Usai kebobolan lewat gol Theo Walcott, Liverpool bangkit dan berbalik unggul 4-1 lewat sumbangan dua gol Philippe Coutinho serta masing-masing satu gol dari Adam Lallana dan Sadio Mane. The Gunners sempat memperkecil skor menjadi 3-4 berkat gol Alex Oxlade-Chamberlain dan Calum Chambers.

Laga memasuki menit 28, Arsenal mendapat hadiah penalti dari wasit Michael Oliver setelah Walcott dilanggar Alberto Moreno di kotak terlarang. Sayang penalti yang dieksekusi Walcott masih bisa dimentahkan Simon Mignolet.

Walcott sukses membayar lunas kegagalannya dengan mencetak gol di menit 31. Berawal dari kesalahan yang dilakukan Adam Lallana, bola sukses direbut Francis Coquelin yang langsung melakukan serangan cepat.

Alex Iwobi yang menerima bola kemudian meneruskannya kepada Walcott yang berdiri bebas di sisi kanan. Dengan sekali kontrol, pemain 27 tahun ini melepas tembakan kaki kanan yang gagal dijangkau Mignolet. Arsenal unggul 1-0.

Liverpool mencoba membalas. Hasilnya didapat di menit akhir babak pertama. Coutinho mencuri perhatian lewat gol tendangan bebas indahnya yang menaklukkan Petr Cech. Skor 1-1 pun menutup paruh pertama.

Kembali dari kamar ganti, Liverpool lebih mendominasi penguasaan bola. Lallana akhirnya membawa The Reds berbalik unggul di menit 49. Menerima umpan Georginio Wijnaldum, Lallana melakukan sekali kontrol sebelum menembak bola menjadi gol.

Liverpool sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-1 di menit 56. Lagi-lagi Coutinho yang menjadi aktornya. Setelah melakukan penguasaan bola brilian, Liverpool menusuk lewat Clyne yang melepas crossing terukur untuk dapat diteruskan Coutinho menjadi gol.

Pergantian pemain berturut-turut terjadi di kubu Arsenal. Oxlade-Chamberlain masuk menggantikan Iwobi, sedangan Santi Cazorla berganti tempat dengan Aaron Ramsey yang mengalami cedera.

Liverpool semakin menggila setelah Mane mencetak gol indah di menit 63. Setelah melakukan sprint, penyerang sayap asal Senegal ini melepas tembakan keras yang menghujam gawang Cech.

Skor 1-4 tak bertahan lama. Tak sampai semenit berselang, Oxlade-Chamberlain memperkecil skor menjadi 2-4 setelah akselerasinya melewati tiga pemain diakhiri dengan tendangan yang menyentuh kaki Dejan Lovren sebelum menipu Mignolet.

Arsenal makin bernafsu mengejar ketinggalan. Hasilnya di menit 75 Chambers mencetak gol melalui sundulan meneruskan tendangan bebas Cazorla untuk membuat pertandingan makin seru.

Sayang meski terus menerus menggempur pertahanan Liverpool, Arsenal tetap gagal mencetak gol penyama hingga laga usai. Skor 3-4 untuk kemenangan tim tamu pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain
Arsenal: Cech; Bellerin, Holding, Chambers, Monreal; Elneny (Xhaka 67'), Coquelin; Walcott, Ramsey (Cazorla 61'), Iwobi (Oxlade-Chamberlain 59'); Alexis.

Liverpool: Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Moreno; Lallana (Origi 76'), Henderson, Wijnaldum (Stewart 88'); Mane, Coutinho (Emre Can 70'), Firmino.

Statistik Pertandingan
Total Shots: 8 11
Shots On Target: 5 - 7
Possesion : 50% - 50%
Offsides: 4 - 3
Pelanggaran: 13 - 17
Kartu Kuning: 3-3.

Sumber: bola.net

back to top