Menu

gonnersview banner

Gooners View, Dari Gooners untuk Gooners

Sepuluh Pertandingan, Sprint or Racewalking

Sprint atau lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m, oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan halus lancar dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi (IAAF, 2001).

Dalam 10 pertandingan EPL yang tersisa saya analogikan Arsenal berpartisipasi dalam turnamen lari jarak pendek kategori 100 m di mana Arsenal sudah absen dalam dua musim sebelumnya. Nomor lari 100 m merupakan gelar prestisius yang selalu menjadi incaran atlit atletik dari olimpiade hingga kejuaraan regional dibawahnya.

Angka 100 meter adalah 10 pertandingan tersisa menuju gelar juara EPL. Dengan sisa sepuluh pertandingan apa yang bisa dilakukan.

Setelah pekan ke 28, Arsenal berada di posisi ke tiga dengan raihan 59 poin, sama dengan Liverpool namun tertinggal 14 gol. Chelsea dengan 63 poin telah berhasil naik dua peringkat dihitung sejak akhir Desember (pekan ke 19). Chelsea unggul berkat raihan 26 poin berbanding 20 dari yang dikumpulkan Arsenal pada periode yang sama.

Saya sendiri pernah mengatakan (13/02) kalau takdir Arsenal tidak ditangan sendiri bila selisih poin dengan peringkat pertama lebih dari 3 poin. Dengan sisa masing-masing sekali bertemu dengan Chelsea dan Man City, tiga poin dari mereka hanya bisa mendekatkan jarak menjadi 1 poin.

Tapi mau bagaimana lagi, tujuh poin sudah terlanjur "terbuang" saat ditahan imbang Everton dan Southampton serta kalah lawan Stoke City, pertandingan yang seharusnya bisa kita menangkan. Suporter mulai panik karena gelar juara (EPL) yang ditunggu hampir 10 musim sepertinya mulai menjauh.

Awas

Bila statistik menunjukkan Arsenal selalu sukses meraih banyak poin di bulan Maret, April dan Mei dengan presentase kemenangan 58%, namun untuk tahun ini butuh usaha ekstra untuk mengulang catatn tersebut..

Kenapa? karena ada pergeseran lawan yang akan dihadapi. Dalam sejarahnya Arsenal sering banyak kehilangan poin di bulan Januari yang disebabkan Arsenal bertemu dengan beberapa klub top four sekaligus. Bila musim 11/12 Arsenal bertemu Man Utd dan secara mengejutkan kalah melawan Fulham serta Swansea, sedangkan di Januari musim lalu Arsenal berhadapan dengan Chelsea dan Man Cityyang berakhir dengan kekalahan.

rataan point

Rataan poin Arsenal per bulan di bawah Arsene Wenger. Sumber: Arsenal.com

Pada musim ini "rombongan" batu sandungan bergeser ke bulan Maret. Ada Chelsea, Man City dan Spurs yang saya kategorikan awas sesuai level tertinggi bencana menurut BNPB.

Belum menghadapi rombongan itupun, Arsenal yang sudah tertinggal 1 poin dari Chelsea, harus kehilangan 3 poin penting saat bertemu Stoke City menjadikan selisih melebar menjadi 4 poin. Hasil negatif tersebut juga langsung menghilangkan keoptimisan saya dibanding saat baru tertinggal 1 poin dari Chelsea. Saya masih berpikir (sangat) positif meski gagal mendapat dua poin tambahan dari Man Utd.

Rival London utara akan menjadi lawan pertama Arsenal pada 16 Maret. Tujuh hari kemudian hanya dalam 8 hari Arsenal bertemu Chelsea, Man City dengan diselingi Swansea City menjadi rally keempat dan terakhir dimusim ini karena pertandingan setelahnya selalu berjarak satu pekan (kecuali bila lolos FA Cup/ UCL).

Hambatan Arsenal juga datang dari internal tim. Ramsey dan Kallstrom belum bisa bermain setidaknya hingga pasca London Derby. Menyusul mereka ada Jack Wilshere yang cedera saat membela timnas Inggris dan Mezut Ozil saat melawan Munchen. Kierran Gibbs kembali berhadapan dengan kebugarannya yang naik turun sejak awal karir sepakbolanya. Sedangkan di lini depan Arsenal sudah kehilangan Walcott hingga akhir musim.

Ozil dan Wilshere sudah dipastikan tidak akan memperkuat The Gunners saat berhadapan dengan Spurs, Chelsea, dan Man City. Sedangkan kembalinya Ramsey dan masuknya Kallstrom diharapkan tepat waktu untuk menambah kreatifitas serangan yang berkurang karena cederanya dua kreator lini tengah Arsenal. Vermaelen yang bisa dimainkan di segala posisi pertahanan selain sebagai back up Gibbs juga diharapkan bisa mempertebal mental pemain Arsenal.

Fase 40 meter (dalam IAAF 2001 hanya 30 meter) adalah tahapan akselerasi Arsenal sebagai suatu indikator yang kritis dari kualitas tahap lari akselerasi dan dapat (kadang-kadang) digunakan sebagai suatu alat duga untuk prestasi keseluruhan. Memperpanjang gerak akselerasi dari perlombaan telah dikenal sebagai daerah penting untuk memperbaiki prestasi dari atlet kelas dunia dibandingkan dengan prestasi atlet sebelumnya (IAAF, 2001: 33).

Untuk "40 meter" pertama tersebut (melihat kondisi skuad yang ada) saya berharap Arsenal bisa meraih setidaknya 8 poin, itupun hanya bisa menahan posisi Arsenal tidak melorot. Agar tetap di jalur juara, Arsenal harus meraih minimal 10 poin dan WAJIB menang lawan Chelsea serta Man City.

Siaga

Di fase ini Arsenal akan bertemu dengan tim yang secara kualitas dibawah Arsenal, namun The Gunners harus tetap siaga agar tidak terpeleset setelah (berhasil) melewati 40 meter pertama.

Dalam olahraga sprint, lintasan setelah 40 meter hingga 80 meter adalah saat pelari (klub) mempertahankan kecepatan yang telah dicapai setelah fase akselerasi sebelumnya.

kecepatan lari

Lawan yang dihadapi Arsenal adalah klub papan tengah namun memiliki potensi menimbulkan masalah. Ada Everton (A), Hull City (A), West Ham (H), Newcastle (H), dan diselingi pertandingan semifinal FA Cup melawan Wigan.

Kabar baiknya Ozil dan Wilshere dijadwalkan sudah bisa bermain sejak pertandingan melawan Wigan sehingga kekuatan Arsenal bertambah saat melawan Hull, Wesh Ham, dan Newcastle.

Sudah merupakan kewajiban Arsenal meraih poin sempurna (12) dalam empat pertandingan di fase ini bila masih ingin juara. Juga sebuah kewajiban untuk mencapai poin penuh untuk mempertahankan posisi misalkan Arsenal gagal pada fase sebelumnya.

Waspada

Untuk 20 meter terakhir Arsenal akan menghadapi dua tim papan bawah, West Brom (H) dan Norwich (A). 20 meter terakhir ini juga termasuk dalam fase speed maintenance dari tahapan sebelumnya. Bagaimanapun juga Arsenal harus mempertahankan capaian sempurna hingga akhir finis untuk dapat mempertahankan posisinya dibarisan.

Level bahaya sudah menurun ke tingkat waspada karena kualitas lawan dihadapi. Bila meremehkan lawan, jangankan finis di peringkat atas, malahan Arsenal bisa terjelgal karena kurang waspada.

Sulit untuk memprediksi secara tepat posisi akhir Arsenal di klasemen mengingat ketatnya selisih waktu (poin) antar pesaing.

last-10-arsenalKembali lagi ke atas, empat pertandingan pertama Arsenal disisa 10 pertandingan ini adalah bagian yang paling menentukan. Ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi. Arsenal naik, Arsenal tetap, dan (semoga tidak) Arsenal turun dari posisinya saat ini (peringkat 3, minus 4 poin (positif)) karena Arsenal secara langsung akan bertemu dengan pesaing juara.

Chelsea selain diatas angin karena selisih poin yang dimiliki juga tinggal menyisakan lawan Liverpool sebagai pertandingan yang diatas kertas bisa memberi sandungan. Hambatan lain untuk Chelsea bisa menjadi juara BPL adalah terpecahnya konsentrasi mereka bila lolos ke fase selanjutnya di kompetisi Eropa.

Man City dan Liverpool keduanya tidak lagi mengikuti turnamen di luar Liga Inggris. Mereka akan saling bertemu di pekan ke 34 dan masing-masing menghadapi Man Utd di pekan ke 32 (Man City) dan ke 30 (Liverpool). Dari sisi hambatan yang tersisa, kedua tim ini cukup seimbang dengan Arsenal.

Arsenal dalam sejarahnya hanya sekali mampu menyapu bersih sisa 10 laga dengan kemenangan dimana hal itu terjadi 12 tahun lalu (2001/02). Catatn kedua terbaik adalah 26 poin dari 10 pertandingan pada musim kemarin. 20,9 adalah rataan poin yang diraih Arsenal dalam sisa 10 laga saat dilatih Wenger.

Dari data performa Arsenal, raihan di bawah 18 poin akan berakibat Arsenal turun peringkat. Sedangkan 20- 26 poin akan bisa menaikan posisi Arsenal diakhir klasemen sebanyak 1 tangga. Untuk juara, dibutuhkan lebih dari 27 poin plus faktor keberuntungan agar dapat mengantarkan The Gunners di posisi puncak klasemen Liga Inggris.

Pilihan kedua bila Arsenal tidak kuat mengikuti sprint adalah dengan racewalking atau jalan cepat. Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah – menjalani kompetisi dengan secara konsisten meraih poin untuk mempertahankan peringkat klasemen.

Entah kebetulan atau tidak, Arsenal mengikuti "turnamen sprint" ini tiap tiga tahun sekali (musim 2004/05, 2007/08, 2010/11, dan 2013/14). Semoga setelah musim ini Arsenal dapat terus mampu mengikuti turnamen paling favorit dikelas lari ini. (woj)

INGIN MENULIS BUAT KAMI?

Kirimkan tulisan mengenai Arsenal dan seputarnya melalui surel ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Preview: Southampton vs Arsenal

Arsenal berpeluang untuk menjauh dari kejaran Man City saat rabu dini hari nanti saat bertandang ke St Mary Stadium kandang Southampton.

Pertama karena memang Arsenal bermain sehari lebih awal, yang kedua karena Man City harus bermain di kandang tetangga kita di utara, Spurs. Meski Spurs musuh bebuyutan kita, tak ada salahnya bila berharap City bisa sedikit tertahan. Spurs memang pernah kalah 6-0 dari City, namun performa City saat tandang berbeda daripada performa mereka saat bermain dikandang. Beberapa pekan lalu mereka hampir tertahan di Newcastle bila saja gol Tiote disahkan wasit.

Southampton

Soton julukan Southampton cukup mengejutkan musim ini. Mereka sempat menempati posisi 4 besar hingga pertandingan ke 12 (poin sama 22 dengan City) dan menjadi tim kedua paling sedikit kebobolan di top five liga Eropa. Namun performa mereka mulai menurun dipekan-pekan berikutnya.

Cederanya beberapa pemain penting terutama di sektor pertahanan (boruc dan Lovren) serta jadwal yang mempertemukan Soton dengan tim-tim kuat membuat mereka mulai kepayahan. Dalam 10 pertandingan terakhir di EPL mereka hanya mampu membukukan 2 kemenangan, 3 kali seri dan sisanya kalah.

Performa mereka mulai kembali dalam 3 pertandingan terakhir dengan meraih 2 kemenangan (1 di FA Cup) dan sekali seri, namun lagi-lagi permasalahan menerpa mereka. Di internal, Nicola Cortese mundur dari jabatan chairman karena beselisih dengan pemiliki klub, Katharina Liebherr. Mauricio Pochettino sempat mempertimbangkan masa depannya karena masalah ini.

Permasalahan berikutnya datang dari atas lapangan. Kembalinya Boruc di bawah mistar Soton memperkuat pertahanan mereka namun minggu kemarin Dejan Lovren mengalami cedera engkel yang memaksanya menepi untuk beberapa pekan kedepan. Soton juga tidak akan diperkuat striker Dani Osvaldo yang menerima sanksi 2 minggu akibat bertengkar saat latihan dan Victor Wanyama belum terlalu fit setelah 8 minggu cedera.

Tactical Analysis

Arsenal dan Southampton sama-sama memperagakan sepakbola menyerang. Menang ataupun kalah, mereka selalu menciptakan gol, tercatat hanya 3 dari 22 pertandingan mereka gagal mencetak satu gol pun.

Sama seperti Arsenal juga, Soton memperagakan possesion football setiap kali mereka bertanding, menang ataupun kalah mereka juga tetap unggul dalam penguasaan bola. Namun disini pulalah kelemahan mereka terlihat.

Penguasaan bola yang tinggi tidak diikuti oleh akurasi passing. Emmm, bagaimana caranya sebuah tim bisa menang dalam penguasaan bola namun akurasi passingnya jelek?

Ternyata beberapa pemain memiliki akurasi passing dibawah rata-rata tim, seperti Lambert dan Luke Shaw. Individual error ini yang bisa dimanfaatkan Arsenal untuk melakukan serangan balik dan menciptakan peluang. Serangan yang yang paling besar peluangnya menjadi gol adalah serangan yang berawal dari keberhasilan merebut bola lawan disaat mereka menyerang.

Dipertemuan pertama lalu Arsenal kesulitan menciptakan peluang karena rapatnya Soton menjaga area kotak penalti, Kali ini Wanyama tidak terlalu fit karena baru kamis lalu mulai berlatih perdana. Dipertandingan sebelumnya Scneiderlin dan Jack Cork ditugasi melindungi pertahanan namun hasilnya kalah atas Spurs, Chelsea dan Everton.

Santi Cazorla dalam beberapa pertandingan terakhir sudah menemukan permainan terbaiknya, 3 gol dalam 2 perandingan. Diawal musim performanya terganggu karena cedera dan keikutsertaannya dalam Piala Konfederasi bersama Spanyol sehingga melewatkan pre season Arsenal.

Jack Wilshere harus menepi sementara karena cedera engkel. Ramsey, Arteta, Rosicky, Vermaelen dan Sanogo sudah bisa mengikuti latihan, namun kemungkinan masih akan disimpan agar benar-benar fit karena 4 hari kemudian Arsenal akan bertemu Crystal Palace. Hanya Arteta dan Ramsey mungin yang akan dimainkan untuk mengisi posisi Wilshere. Bila pertandingan ini tidak ada cedera tambahan makan tidak akan ada pembelian pemain. (woj)

Team News

Southampton: Wanyama (lutut, diragukan), Lovren (engkel), Ramirez (engkel), Osvaldo (hukuman, 8 Februari).

Arsenal: Wilshere (engkel, 8 Februari) , Walcott( lutut, Juni), Diaby (lutut, Maret).

Southampton (4-2-3-1): Boruc – Shaw, Hooiveld, Fonte, Clyne – Schneiderlin, Jack Cork– Stven Davis, Lallana, Rodriguez – Lambert
Cadangan: Kelvin Davis, Yoshida, Chambers, Wanyama , Ward-Prowse, Guly, Gallagher.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs– Flamini, Ramsey – Ozil, Cazorla, Podolski – Giroud.
Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Arteta, Chamberlain, Bendtner.

Preview Pertandingan FA Cup: Arsenal vs Coventry City

Pemain-pemain reguler Arsenal bisa sedikit "beristirahat" karena akhir pekan ini mereka hanya bertanding di trnamen Piala FA menjamu klub League One (setara divisi 2), Coventry City.

Klub ini sudah dilanda cukup banyak masalah sejak 2012 dan masih terus berlanjut hingga awal musim ini.

Pada 2012 Coventry City terdegradasi ke League One setara divisi dua atau kompetisi level ke tiga di Inggris. Pada awal musim 2013 mereka mengalami kebangkrutan sehingga harus menerima pengurangan 10 poin.

Meski begitu mereka mampu bangkit dari penalti 10 poin dan sekarang menduduki peringkat 11 klasemen. Musim ini mereka baru 6 kali kalah, bila saja tidak dikenai pemotongan poin, saat ini mereka da di peringkat 6. bukan lawan yang bisa dianggap remeh mengingat musim kemarin Arsenal pernah kalah atas Bradford yang juga sesama penghuni League One.

Dalam konferensi pers Wenger sudah mewanti-wanti untuk serius dan tak ingin tersandung seperti saat lawan Blackburn musim lalu.

Blackburn was the first time in 16 years that we lost against lower league opposition in the FA Cup, so that was a great warning. At the moment, this is just our next game and we want to win it.

Dipertandingan nanti Arsenal akan sedikit terbantu dengan cederanya striker utama mereka, Callum Wilson yang musim ini sudah mencetak 14 gol. Sebagai penggantinya manajer Steve Pressley berharap pada top skor Coventry, Leon Clarke meski saat ini yang bersangkutan sudah mengajukan status transfer request.

coventry fansSejak mengalami kebangkrutan, Coventry diisi oleh pemain-pemain muda yang minim pengalaman. Skuad mereka saat ini berbeda 70% dibanding musim lalu saat bertemu di Capotal One Cup.

Performa mereka di liga cukup lumayan, dalam 5 pertandingan terakhir tak terkalahkan. Mereka juga tidak memiliki masalah dalam mencetak gol. Dengan 55 gol dari 26 pertandingan, Coventry mencatatkan diri sebagai tim terproduktif ke dua di liga.

Kelemahan Coventry ada disisi pertahanan. Dalam 10 pertandingan terakhir mereka gagal membukukan clean sheet.

Di pertandingan nanti Wenger akan lebih serius dengan hanya memasukan sedikit pemain muda. Hanya Zelalem, Kris Olsson dan Hayden yang tercatat berlatih bersama tim utama. Kemungkinan Wenger akan menurunkan skuad reguler baru nanti pemain muda dimainkan dibabak kedua.

Bentner sudah kembali fit dan akan memimpin lini depan Arsenal didampingi Podolski yang tendangan kerasnya masing membentur tiang gawang Fulham.

Ditengah Chamberlain harus menjalani tes kebugaran sebelum diturunkan. Arteta dan Ramsey masih absen karena baru akan berlatih perdana pada senin besok. Zelalem bisa saja menjadi starter, selain itu masih ada Gnabry dan Ryo di sektor ini. Akan lebih baik bila Ozil dan Cazorla disimpan untuk pertandingan lawan Southampton hari selasa dini hari.

Dibelakang, Jenkinson pasti akan mendapat jatah bermain menggantikan Sagna, diposisi lainnya akan diisi oleh pemain reguler karena cukup beresiko bila memainkan pemain muda sebagai bek. Viviano kemungkinan akan memulai debut resminya dipertandingan ini. (woj)

Team News

Arsenal: Ramsey (paha, 28 Januari),Sanogo (punggung, 28 Januari). Arteta (betis, 28 Januari), Vermaelen (28 Januari, lutut), Rosicky (hidung, 28 Januari), Walcott( lutut, Juni), Diaby (lutut, Maret).

Coventry City: Callum Wilson (bahu).

Arsenal (4-2-3-1): Viviano – Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Monreal– Flamini, Wilshere – Podolski, Cazorla, Gnabry – Bendtner.

Cadangan: Fabianski, Issac Hayden, Gibbs, Zelalem, Ryo, Chamberlain, Park.

Coventry City (4-4-2): Murphy – Christie, Jordan Clarke, Webster, Bucahan – Fleck, Baker, Thomas, Seaborne – Moussa, Leon Clarke.

Cadangan: Burge, Adams, Haynes, Philips, Barton, Daniels, Slager.

Subscribe to this RSS feed