Menu

gonnersview banner

Harapan Baru The Gunners

Delapan tahun nihil gelar, itulah yang sedang maraknya jadi topik pembicaraan di kalangan para pecinta sepak bola bagi klub yang bermarkas di Emirates Stadium London ini. Para Gooners yaitu sebutan bagi fans Arsenal juga sudah tidak sabar dan tidak kalah rindunya dengan sebuah gelar juara untuk klub kesayangannya itu. Arsenal terakhir mencicipi gelar juara pada tahun 2005 dengan sebuah trophy piala FA. Arsene Wenger yang menjadi manager selama 16 tahun di klub ini mulai diragukan kapasitasnya oleh para fans Arsenal terutama kebijakannya dalam hal pembelanjaan pemain yang konon sangat enggan untuk membeli sebuah pemain berlabel bintang yang harganya di atas rata-rata atau bisa dikatakan mahal. Kritik dan cemohan datang dari berbagai kalangan mulai dari fans Arsenal, Pengamat Sepak Bola bahkan sampai mantan pemain Arsenal tentang kebijakan klub yang sangat hemat dalam pembelanjaan pemain. Mereka tidak tidak mengerti apa yang dipikirkan oleh para petinggi klub dengan kebijakan tersebut, apa mereka tidak jenuh dengan persembahan nihil gelar setiap tahun tersebut?

Memasuki musim 2013/2014, akhirnya kritik dan cemohan tersebut akhirnya terjawab sudah dengan ucapan dari salah satu petinggi klub sebelum awal musim bergulir yang mengatakan bahwa kami akan menggelontorkan dana untuk merekrut sejumlah pemain yang akan memperkuat skuat Arsenal musim ini, tidak tanggung menurut Ivan Gazidis telah tersedia uang sekitar 100 juta Euro untuk pembelian pemain bahkan pemain berlabel bintang pun akan didatangkan ke Emirates Stadium. Hal tersebut membawa sebuah harapan baru bagi the Gunners dan para fans Arsenal di seluruh dunia yang telah lama memendam rindu akan hadirnya sebuah trophy ke markas Arsenal.

Bursa transfer musim panas dibuka perburuan pemain pun kembali digelar, sejumlah klub yang menjadi rival dalam perburuan gelar Liga Inggris telah mendatangkan beberapa pemain anyar untuk memperkuat skuat mereka agar mampu bersaing menuju puncak tertinggi Liga Inggris. Dana yang digelontorkan tidak tanggung-tanggung demi pemain berlabel bintang misalnya saja Manchester City yang di awal bursa transfer telah mendatangkan 4 (empat) pemain anyar seperti Alvaro Negredo, Jesus Navas, Fernandinho, dan Stevan Jovetic. Chelsea yang kembali diasuh oleh "The Spesial One" Jose Mourinho tak kalah bergeraknya dalam menambah skuat mereka dengan mendatangkan pemain Samuel Eto'o, Andre Schuerrle, Van Ginkel, Willian dan sejumlah pemain lainnya. Sang tetangga Tottenham Hotspur malah gila-gilaan dengan melontorkan sekitar 107 juta Euro untuk merekrut pemain sepeninggal Gareth Bale yang hijrah Ke Real Madrid, medatangkan pemain seperti Paulinho, Soldado, Nacer Chadli, Erik Lamela, Christian Eriksen dan Capouce. Tapi bagaimana dengan klub meriam London Arsenal?

Klub yang bermarkas di London itu tidak kalah aktif dalam bursa transfer sesuai yang telah dijanjikan oleh petinggi klub bahwa akan mendatangkan sejumlah pemain bintang ke Emirates Stadium bahkan sang manajer Arsene Wenger berbicara langsung ke media bahwa kami akan merekrut 2-3 pemain berlabel bintang ke Arsenal. Gonzalo Higuain, Stevan Jovetic, Luis Suarez, Wayne Rooney, dan Karim Benzema adalah nama-nama yang digadang akan diburu oleh the Gunners tapi kenyataannya tidak satu dari nama tersebut berhasil digaet oleh Arsene Wenger. Memang tidak semua yang kita inginkan dapat diwujudkan.

Kritik kembali datang dari fans Arsenal tentang kebijakan pembelian pemain klub tersebut yang baru merekrut pemain muda asal Prancis Yaya Sanogo yang dipercaya masih kurang jam terbang untuk mengarungi kompetisi di Liga Premier Inggris. Keraguan kembali muncul dari fans Arsenal ditambah atas kekalahan atas Aston Villa di laga pembuka Liga Inggris. Gooners melantangkan suara "Spend Your Money" sebagai kritik untuk petinggi klub dan sang manajer Arsene Wenger. Menanggapi kritik itu pihak klub mendatangkan satu pemain lagi yaitu Mathieu Flamini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini didatangkan secara gratis dari AC Milan akan diplot untuk menguatkan lini tengah The Gunners untuk mengisi posisi yang ditinggal Mikel Arteta yang absen beberapa bulan karena mengalami cedera. Kedatangan Flamini sedikit membuat fans bernafas lega tapi masih belum berpuas sebelum pemain berlabel bintang didatangkan ke Emirates Stadium.

Hari berganti demi hari dan menjelang bursa transfer tutup, Arsenal pun belum kedatangan pemain baru. Desas-Desus kembali muncul dipermukaan tentang pemain yang akan diborong Wenger ke Emirates, 34 menit 32 detik menjelang bursa transfer resmi ditutup sang Professor membuat kejutan dengan mendatangkan pemain bintang asal Real Madrid Mesut Ozil dan pinjaman kiper Emiliano Viviano dari Palermo. Pemain berkebangsaan Jerman itu dibanderol dengan harga 42,5 juta Pounds dan memecahkan rekor pembelian Arsenal sebagai pemain termahal yang didatatangkan ke Emirates yang sebelumnya dipegang oleh Andrey Arshavin dengan harga 16 juta Pounds. Sorak riuh dari fans Arsenal di seluruh dunia menyambut hangat kedatangan pemain dengan julukan "King of Assist" tersebut. Sebuah pembelian yang tepat dan akan memberi warna bagi permainan Arsenal bahkan sebuah harapan baru bagi The Gunners untuk merengkuh kembali Trophy yang dirindukan selama 8 tahun lamanya.

Masuknya Mesut Ozil dalam skuat Arsenal akan menambah daya dobrak dari lini tengah bahkan digadang menjadi lini tengah yang mengerikan dengan menyatunya Mesut Ozil, Santi Cazorla, Jack Wilshere, Theo Walcott, dan Rosicky. Penyatuan pemain tengah tersebut akan membuat variasi serangan menjadi berwarna. Bagaimana dengan Lini depan? Lini depan tak kalah mengerikannya, melihat perkembangan dari penyerang asal Prancis Oliver Giroud yang telah menemukan permainannya dan telah beradaptasi dengan permainan di Liga Inggris tidak menutup kemungkinan dia adalah salah satu kandidat sebagai pencetak gol terbanyak musim ini. Selain Giroud masih ada Lukas Podolski yang memiliki kecepatan dan akurat tendangan yang luar biasa dan pemain muda Yaya Sanogo yang punya talenta luar biasa. Lini pertahanan yang diperkuat Per Mertesacker, Koscielny, Vermaelen, Sagna, Gibbs dan Monreal juga akan semakin padu dalam mengawal gawang yang akan dijaga oleh Wojciech Szczesny maupun penjawa gawang baru Emiliano Palermo pinjaman dari klub Italia Palermo. Akankah sebuah trophy meluncur ke Emirates Stadium musim ini? In Arsene We Trust.

Victoria Concordia Crescit

Last modified onThursday, 05 September 2013 20:31
Muhammad Iqbal Halilintar

Twiiter: @iqbalhalilintar

Latest from Muhammad Iqbal Halilintar

back to top

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/idarsenal/public_html/libraries/joomla/filter/input.php on line 652

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/idarsenal/public_html/libraries/joomla/filter/input.php on line 654