Menu

gonnersview banner

Mengenal Jeff Reine-Adelaide

Arsenal resmi merilis nama-nama pemain yang masuk ke dalam squad UCL tahun 2015/2016. Salah satu pemain yang saya kagumi adalah Jeff Reine-Adelaide. Pemain berkebangsaan Prancis itu masuk dalam daftar tim A yang berisi 25 nama. The Gunners juga memasukan 7 nama pemain muda dalam daftar tim B.

Jeff Reine-Adelaide

"Reine Adelaide is something spesial you know" Arsene Wenger (25/07/15)
Begitulah sanjungan manager berkebangsaan Prancis itu untuk pemain barunya yang di kutip melalui situs resmi club. Jeff lahir dari kota Champigny Sur Marine, France, pada tanggal 17 January 1998. RC Lens adalah club pertama yang di belanya dan ia baru tampil 5 kali. Arsenal berhasil menuntaskan transfer pemain muda itu pada bulan July 2015 dengan mahar 3 juta pounds plus Yassine Fortune (Daily Mail).

Debut pertama pemain bernomor punggung 54 itu tepatnya pada ajang pramusim ketika Arsenal melawan Lyon. Bermain menggantikan Chamberlain pada menit ke 72 dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 6-0. Namun, debut yang paling manis adalah ketika melawan Wolfsbrugh. Ia bermain sebagai starter dan memberikan 1 assist terhadap Theo Walcott. Lantas Arsene Wenger memberikan pujian yang spesial untuknya. "Reine Adelaide adalah pemain yang istimewa seperti yang Anda tau." Ujarnya. "Dia adalah bakat besar dan ketika ia datang Anda bisa melihat bahwa ia masih berumur 17 tahun, jangan lupakan itu. Bahkan saya tidak ingat bagaimana saya bermain saat masih 17 tahun, tapi saya tidak bermain seperti itu." Lanjutnya (26/07/15)

Menyoal Posisi Attacking Midfielder

Beberapa media memberikan informasi yang aneh dan berbeda-beda. Ada yang menyebutkan Reine seorang striker, playmaker, dan lain-lain. Menilik karakter bermainnya ketika di debut kedua bersama Arsenal, ia bisa di katakan pemain yang tipikal bermainnya adalah AMF; atau gelandang serang. Mungkin tidak jauh seperti seniormya Jack Wilshere, yang sedang mengalami masa-masa santai di RS. Kedua pemain ini mempunyai daya jelajah yang tinggi dan akurasi umpan yang baik. Tidak heran jika suatu saat mereka akan selalu di berikan kepercayaan oleh Wenger, mengingat usianya yang masih sangat muda.

Membicarakan posisi AMF, itu adalah salah satu posisi yang sangat strategis. Sebab jika di gambarkan si pemain harus mampu menjadi inspirator dalam serangan tim. Posisi ini juga seharusnya si pemain tidak boleh canggung untuk mencetak gol dan mencoba masuk ke dalam area kotak penalti. Mungkin Anda bisa membayangkan bagaimana cara bermain Jack ketika ia berada di lapangan.

Juga standar. Posisi attacking midfielder rata-rata suka di minta untuk selalu mencari ruang dan mensupport serangan. Jika di beri support, maka si pemain akan mundur untuk menjemput bola. Nantinya, ketika defence lawan kuat, ada saatnya melakukan tendangan jarak jauh. Ketika lemah, bisa saja menyodorkan bola datar atau lambung ke posisi target men. Dan posisi ini berlaku untuk Jeff Reine-Adelaide. Coba Anda lihat lagi bagaimana ia memberikan 1 assist terhadap Theo Walcott saat melawan Wolfsbrugh.

Kembali, Jack dan Jeff saya rasa mempunyai 3 attribut kunci yakni first touch, technique dan creativity. Hmm saya sedang membayangkan jika dua-duanya bermain bersama. Mungkin itu bisa terjadi beberapa tahun yang akan datang.

Beberapa Pujian

Pertama dari Olivier Giroud. Selaku sesama orang Prancis, striker bernomor punggung 12 itu mempunyai keyakinan bahwa Jeff Reine-Adelaide akan sukses bersama Arsenal. Bukan hanya itu, Oli , nama panggilan Giroud, memuji mental bertanding juniornya tersebut. "Saya pikir dia akan benar-benar baik di masa depannya dan sudah cukup matang di usianya karena dia mempunyai mental bertanding yang baik, ia telah dapat meningkatkan kualitasnya dengan cepat" Ujarnya, seperti yang di kutip dari situs resmi club.

Tidak hanya itu, seseorang yang pernah di berikan sodoran bola datar oleh Adelaide juga memuji. Theo Walcott mendukung Jeff untuk mengembangkan bakat besarnya di Arsenal. "Dia yakin pada bola. Ia mempunya sentuhan di sepertiga akhir yang sangat baik. Begitupun juga fisiknya, itu menyenangkan bagiku. Dan dia juga masih berusia 17 tahun" Pungkasnya, melalui situs FourFourTwo (30/07/15)

Jeff Generasi Arsenal Berikutnya

Salah satu hal yang patut di banggakan dari Arsenal--selaku fans yaitu mengagumi pemain-pemain mudanya. Untuk sekarang melihat Jeff yaaa.. paling saat informasi starting, nama dia ada di bench. Begitu di beri kesempatan bermain, mentok-mentok ketika waktu sisa 10 menit. Paling yang bisa ia rasakan sekarang adalah berlatih dengan tim dan menonton seniornya bermain.

Kemudian ucap selamat ulang tahun untuk Jeff yang ke-18. Mungkin doanya mudah-mudahan Wenger nanti menulis nama Jeff Reine-Adelaide di starting, ya agar seperti pemain asal Costa Rika itu yang sekarang sedang on fire. Sebab bagaimanapun juga anak muda perlu pengalaman bermain di awal laga. Toh, yang sudah tua saja kemarin-kemarin bermain dengan yang muda. Iya, Mikel? *Sebagian teks hilang* #COYG

 

 

Source picture: Express.co.uk

back to top