Menu

gonnersview banner

Apakah Persaingan Gelar Juara Arsenal Berakhir Tanpa Adanya Pembelian Striker Baru?

Dunia sepakbola dikejutkan dengan adanya laporan pada Rabu terkait dengan rumor kepindahan Nikola Zigic ke Arsenal. Striker 33 tahun ini hanya mencetak 7 gol dalam 33 penampilan bagi klub Championship Birmingham musim lalu dan setelah menang 1-0 Arsenal atas Besiktas untuk mengkonfirmasi tempat mereka di Liga Champions, Arsene Wenger ikut tertawa dengan berbagai pendapat bahwa klub London utara ini siap untuk mendatangkan striker kekar Serbia tersebut. Bahkan, Pria asal Prancis ini bersikeras bahwa dia tidak akan mendatangkan Penyerang baru sama sekali di jendela transfer saat ini. Pernyataan ini datang setelah ia juga menegaskan bahwa Olivier Giroud akan absen karena patah kaki sampai empat bulan. 
 
Banyak yang merasa cedera Giroud itu telah cukup untuk meyakinkan Wenger untuk masuk ke bursa transfer untuk meningkatkan daya serang strikernya nya. Namun demikian, meskipun dikaitkan dengan pembelian mahal untuk Edinson Cavani, Radamel Falcao atau Loïc Remy, Wenger teguh dalam pernyataan bahwa ia tidak akan mendatangkan penyerang baru. 
 
Ini, meskipun, meningkatkan tekanan pada Alexis untuk cepat beradaptasi di Inggris. Pemain asal Chili telah menunjukkan sekilas kualitasnya selama waktu singkat di london utara dan menjadi man of the match melawan Besiktas pada Rabu malam dengan rating 8.38 versi WhoScored. Namun melawan Everton akhir pekan lalu, pemain berusia 25 tahun itu dengan mudah didihadang oleh pertahanan The Toffees dan digantikan oleh Olivier Giroud. 
 
Pemain internasional Prancis itu memberi Arsenal titik fokus untuk penyerangan mereka dan tim lebih efektif akan maju dengan Giroud daripada Alexis. Mantan bintang Barcelona memiliki keuletan dan membuat kesulitan para pemain bertahan dan juga membantu memenangkan possesion ball di sepertiga akhir pertandingan, tapi penampilannya sebagai penyerang tunggal menunjukkan ia belum siap untuk peran tersebut.
 
Untuk Barcelona, Alexis dimainkan baik ke kanan atau kiri dari striker tengah - lebih sering daripada Lionel Messi - dan berkembang. Para Pemain bertahan sering tertarik pada Messi, dan ini menyediakan ruang untuk Alexis untuk mengeksploitasi, memungkinkan dia untuk mencetak 19 gol dan 10 assist di liga untuk musim lalu bagi Blaugrana. Sayangnya, meskipun begitu, Alexis tidak akan diberi ruang seperti itu jika berada di Liga Inggris, tidak seperti yang ia dapatkan di Liga Spanyol. The Gunners sudah mulai dalam formasi 4-1-4-1 di 5 pertandingan kompetitif mereka musim ini dan dua pertandingan terakhir mereka,Alexis bermain sebagai striker tunggal. 
 
Secara Fisik Alexis tidak dilengkapi untuk melakukan tugas yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Giroud. Dengan tinggi 5'7 ", ia tidak akan memenangkan banyak duel udara, yang mana Giroud melakukannya dengan baik ketika ia masuk menggantiikannya dalam pertandingan yang berakhir imbang 2-2 dengan Everton pada akhir pekan lalu. Dia membawa rekan-rekan satu tim nya kedalam permainan dan mencetak gol penyeimbang, Dia (Giroud) mampu melewati hadangan Phil Jagielka dan Sylvain Distin. Peringkat Nya dari bangku cadangan (7.39) secara signifikan lebih tinggi daripada Alexis (6.16), Pemain yang didatangakan di musim panas ini gagal mencetak satu tembakan pun sebelum jeda babak pertama.

 2014-8-ASanchez

 

Penampilannya (Alexis) melawan Besiktas jauh-membaik, tetapi masih dibawah standar yang diharapkan dari seorang striker untuk tim sekelas Arsenal. Memang, ketika Mathieu Debuchy yang di kartu merah, Alexis bekerja keras untuk meringankan tekanan pada pertahanan, melakukan pelanggaran di menit-menit akhir laga usai. Namun, Alexis tampak seperti dia mungkin berjuang untuk menyesuaikan fisik dirinya dengan kerasnya Liga Premier dan itu cukup untuk alasan bahwa para penggemar merasa klub mereka perlu untuk mendatangkan penyerang baru. 
 
Pada tahap akhir jendela transfer ini, penyerang akan jauh lebih disorot. Meskipun sangat terkait dengan kepindahan ke Real Madrid dan Juventus, Falcao dikabarkan tetap menjadi target untuk Arsenal, bahkan jika Wenger menunjukkan sebaliknya. Bos The Gunners tersebut melihat secara langsung penampilannya selama Emirates Cup, di mana Falcao terbukti menjadi pembeda dalam kemenangan Monaco 1-0 atas Arsenal. 
 
Meskipun bermain di Ligue 1 musim lalu, hanya Messi (126) dan Cristiano Ronaldo (112) yang mencetak gol lebih dari Falcao (52) selama durasi 4 musim terakhir La Liga. Pemain internasional Kolombia itu adalah seorang penyerang murni seperti layaknya mereka dan dengan adanya laporan yang menunjukkan ia bisa tersedia dipinjamkan pinjaman dengan biaya € 20m, The Gunners pasti membutuhkan kemampuannya di kotak 18 meter. Meskipun tidak sekuat Giroud di udara - Falcao memenangkan 1,1 duel udara per game musim lalu dibandingkan dengan Giroud 4.0 - bintang Monaco jauh lebih produktif di depan gawang dengan tingkat konversi dalam 12 bulan terakhir menunjukkan (20,4% dibandingkan untuk Giroud 14,4%).

2014-8-Arsenalpotentialstrikers

 

Dengan adanya Madrid dan Juventus yang mengincarnya, Arsenal harus bertindak cepat mendatangkan Falcao, dia pasti akan memperkuat daya serang dan meningkatkan kesempatan mereka untuk mengamankan gelar Premier League. Seorang penyerang lain yang lebih terjangkau, bisa jadi Javier Hernández, yang telah membuktikan naluri mencetak gol dengan Manchester United. Dia sepertinya tidak diinginkan oleh manajer Louis van Gaal, Pemain asal Meksiko bisa menjadi pilihan yang lebih murah untuk Wenger. 
 
Dari 34 pemain untuk mencetak setidaknya 20 gol liga selama 4 musim terakhir, Hernández memiliki tingkat terbaik konversi (21,4%) dan nalurinya mencolok, ditambah dengan kreativitas dalam peringkat Arsenal ,bisa melihatnya berkembang di Emirates, meskipun keraguan mengenai seberapa baik ia bisa menahan bola dan apakah dia akan menjadi perbaikan nyata pada Alexis. Cavani dan Remy akan meledakkan serangan Arsenal dengan bakat mereka dan dengan penutupan jendela transfer pada hari Senin, masih ada waktu untuk Wenger mencari pemain baru. 
 
Pertunjukan Alexis di posisinya terhadap kedua lawan terakhir mereka, Everton dan Besiktas menyarankan Wenger akan bijaksana untuk memperkuat lini depan dalam beberapa hari mendatang. Sanogo adalah pilihan, tapi ia jelas belum siap dengan kualitas Premier League. Lukas Podolski tetap dalam skuad, tetapi hanya 6 dari 39 pertandingan Podolski bermain sebagai penyerang tunggal. 
 
Meskipun untuk saat ini Alexis akan menjadi ujung tombak serangan The Gunners. Pada Penampilannya melawan Everton, bagaimanapun juga, menyebabkan kekhawatiran bagi penggemar Arsenal, terutama dengan beban offensif ditempatkan di pundaknya dan juga Giroud. Jika Alexis gagal untuk menangani tekanan dalam beberapa bulan mendatang, Wenger mungkin akan menyesalinya karena tidak berinvestasi untuk mendatangkan Penyerang lain pada bursa transfer musim panas ini.

 


Sumber: Whoscored.com (article by: Ben McAleer)

back to top