Menu

gonnersview banner

Preview: Southampton vs Arsenal

Arsenal berpeluang untuk menjauh dari kejaran Man City saat rabu dini hari nanti saat bertandang ke St Mary Stadium kandang Southampton.

Pertama karena memang Arsenal bermain sehari lebih awal, yang kedua karena Man City harus bermain di kandang tetangga kita di utara, Spurs. Meski Spurs musuh bebuyutan kita, tak ada salahnya bila berharap City bisa sedikit tertahan. Spurs memang pernah kalah 6-0 dari City, namun performa City saat tandang berbeda daripada performa mereka saat bermain dikandang. Beberapa pekan lalu mereka hampir tertahan di Newcastle bila saja gol Tiote disahkan wasit.

Southampton

Soton julukan Southampton cukup mengejutkan musim ini. Mereka sempat menempati posisi 4 besar hingga pertandingan ke 12 (poin sama 22 dengan City) dan menjadi tim kedua paling sedikit kebobolan di top five liga Eropa. Namun performa mereka mulai menurun dipekan-pekan berikutnya.

Cederanya beberapa pemain penting terutama di sektor pertahanan (boruc dan Lovren) serta jadwal yang mempertemukan Soton dengan tim-tim kuat membuat mereka mulai kepayahan. Dalam 10 pertandingan terakhir di EPL mereka hanya mampu membukukan 2 kemenangan, 3 kali seri dan sisanya kalah.

Performa mereka mulai kembali dalam 3 pertandingan terakhir dengan meraih 2 kemenangan (1 di FA Cup) dan sekali seri, namun lagi-lagi permasalahan menerpa mereka. Di internal, Nicola Cortese mundur dari jabatan chairman karena beselisih dengan pemiliki klub, Katharina Liebherr. Mauricio Pochettino sempat mempertimbangkan masa depannya karena masalah ini.

Permasalahan berikutnya datang dari atas lapangan. Kembalinya Boruc di bawah mistar Soton memperkuat pertahanan mereka namun minggu kemarin Dejan Lovren mengalami cedera engkel yang memaksanya menepi untuk beberapa pekan kedepan. Soton juga tidak akan diperkuat striker Dani Osvaldo yang menerima sanksi 2 minggu akibat bertengkar saat latihan dan Victor Wanyama belum terlalu fit setelah 8 minggu cedera.

Tactical Analysis

Arsenal dan Southampton sama-sama memperagakan sepakbola menyerang. Menang ataupun kalah, mereka selalu menciptakan gol, tercatat hanya 3 dari 22 pertandingan mereka gagal mencetak satu gol pun.

Sama seperti Arsenal juga, Soton memperagakan possesion football setiap kali mereka bertanding, menang ataupun kalah mereka juga tetap unggul dalam penguasaan bola. Namun disini pulalah kelemahan mereka terlihat.

Penguasaan bola yang tinggi tidak diikuti oleh akurasi passing. Emmm, bagaimana caranya sebuah tim bisa menang dalam penguasaan bola namun akurasi passingnya jelek?

Ternyata beberapa pemain memiliki akurasi passing dibawah rata-rata tim, seperti Lambert dan Luke Shaw. Individual error ini yang bisa dimanfaatkan Arsenal untuk melakukan serangan balik dan menciptakan peluang. Serangan yang yang paling besar peluangnya menjadi gol adalah serangan yang berawal dari keberhasilan merebut bola lawan disaat mereka menyerang.

Dipertemuan pertama lalu Arsenal kesulitan menciptakan peluang karena rapatnya Soton menjaga area kotak penalti, Kali ini Wanyama tidak terlalu fit karena baru kamis lalu mulai berlatih perdana. Dipertandingan sebelumnya Scneiderlin dan Jack Cork ditugasi melindungi pertahanan namun hasilnya kalah atas Spurs, Chelsea dan Everton.

Santi Cazorla dalam beberapa pertandingan terakhir sudah menemukan permainan terbaiknya, 3 gol dalam 2 perandingan. Diawal musim performanya terganggu karena cedera dan keikutsertaannya dalam Piala Konfederasi bersama Spanyol sehingga melewatkan pre season Arsenal.

Jack Wilshere harus menepi sementara karena cedera engkel. Ramsey, Arteta, Rosicky, Vermaelen dan Sanogo sudah bisa mengikuti latihan, namun kemungkinan masih akan disimpan agar benar-benar fit karena 4 hari kemudian Arsenal akan bertemu Crystal Palace. Hanya Arteta dan Ramsey mungin yang akan dimainkan untuk mengisi posisi Wilshere. Bila pertandingan ini tidak ada cedera tambahan makan tidak akan ada pembelian pemain. (woj)

Team News

Southampton: Wanyama (lutut, diragukan), Lovren (engkel), Ramirez (engkel), Osvaldo (hukuman, 8 Februari).

Arsenal: Wilshere (engkel, 8 Februari) , Walcott( lutut, Juni), Diaby (lutut, Maret).

Southampton (4-2-3-1): Boruc – Shaw, Hooiveld, Fonte, Clyne – Schneiderlin, Jack Cork– Stven Davis, Lallana, Rodriguez – Lambert
Cadangan: Kelvin Davis, Yoshida, Chambers, Wanyama , Ward-Prowse, Guly, Gallagher.

Arsenal (4-2-3-1): Szczesny – Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs– Flamini, Ramsey – Ozil, Cazorla, Podolski – Giroud.
Cadangan: Fabianski, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Arteta, Chamberlain, Bendtner.

Shenleyground

Lahir di Solo tahun 1986 dan mulai mengenal Arsenal tahun 1997 sebagai klub American Football, pada Mei 1998 saya baru mengetahui kalau Arsenal adalah klub sepak bola. Aneh ya...

Aktif di AIS sejak 2010 dan mulai menulis tentang Arsenal ditahun 2012.

twitter: @shenleyground

Website: shenleygrounds.wordpress.com/
back to top