Menu

Hari Peduli Sampah Nasional Bersama AIS Regional Palangkaraya

Indonesia Bebas Sampah 2020

Memperingati hari peduli sampah nasional, 21 februari 2016 dan pencanangan indonesia bebas 2020, Arsenal Indonesia Supporter regional palangka raya (AIS_PLK) bersama dengan komunitas-komunitas peduli lingkungan di palangka raya mengadakan aksi bersih sampah di kawasan pemukiman padat penduduk Mendawai Bawah – Palangka Raya. Kawasan ini penduduknya tinggal di rumah-rumah panggung yang berada di tepian sungai, dan banyak sampah menumpuk di bawah rumah penduduk.

5

Aksi gabungan Earth Hour Palangka Raya, FK3i, PKYCleanup, komunitas OI, 1000 guru Kalteng, WWF ID, KOPHI, Pararel Borneo, Mapala Sylva dan AISPLK berjalan lancar ditengah guyuran hujan lebat. Terlihat beberapa warga juga ikut membantu membersihkan lingkungan mereka. Selain aksi bersih, juga disertai dengan sosialisasi mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di bawah rumah mereka. Untuk anak-anak di sekitar lokasi kegiatan juga diajak pengenalan sampah basah dan sampah kering, sampah anorganik, sampah organik dan B3. Pemerintah kota Palangka Raya dalam releasenya mengakui bahwa pemkot hanya mengelola 77% sampah yang ada di kota Palangka Raya dan sisanya banyak yang dibuang masyarakat ke sungai. Membuang sampah ke sungai bukan saja mencemari ekosistem sungai tapi juga bisa menimbulkan masalah baru seperti banjir dan berbagai penyakit.

5

 

Mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai pukul 11.00 WIB, kawasan mendawai yang awalnya banyak sampah menumpuk di kolong rumah dan parit, sudah mulai tampak bersih. Wajah capek para relawan aksi nampak berseri dengan berakhirnya kegiatan. Acara ditutup dengan doa bersama, mudah-mudahan masyarakat makin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah di sungai.

6

back to top